Uncategorized

Unri Ajak “Stakeholder” Susun Strategi Rencana Pengelolaan DTA PLTA Koto Panjang

unri.ac.id Waduk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Koto Panjang yang menjadi ekosistem perairan di Daerah Tangkapan Air (DTA), menghadapi permasalahan yang serius beberapa tahun terakhir. Waduk yang berfungsi sebagai penghasil energi ini memiliki kontinuitas air yang tidak stabil, kekeringan pada saat musim kemarau dan banjir pada musim hujan telah menyebabkan pembangkit listrik tersebut kurang berfungsi secara optimal.
Ketua PSLH Unri Dr Suwondo MSi, saat dijumpai, Rabu (25/7) di Kampus Universitas Riau (Unri), menyebutkan kondisi ini terjadi disebabkan oleh dua faktor utama, diantaranya adalah faktor manusia dan faktor alam. Faktor manusia yang aktivitas antropogenik bersifat destruktif, sementara faktor alam seperti tingginya presipitasi. Kondisi tersebut pada akhirnya secara simultan menimbulkan tekanan dalam dimensi ekologis, sosial, dan ekonomi sehingga mengancam fungsi DTA di Kawasan PLTA Koto Panjang.
“Fenomena yang terjadi pada dua dekade terakhir yaitu terjadi kenaikan debit air di PLTA Koto Panjang  yang mengakibatkan terjadinya banjir di Kabupaten Lima Puluh Kota. Kondisi ini disebabkan adanya perubahan ekologi DTA seperti perubahan tutupan lahan, curah hujan yang tinggi maupun adanya pembalakan liar di sekitar DAS  PLTA Koto Panjang. Untuk itu, perlu perumusan Strategi dan Rencana Aksi yang Implementatif untuk Pengelolaan Daerah Tangkapan Air Waduk PLTA Koto Panjang,” jelas Suwondo.
PLTA Koto Panjang ini, lanjut Suwondo, pengelolaan DTA memang merupakan wewenang dari Perusahaan Terbatas Pembangkit Listrik Negara (PT-PLN). Namun karakter DTA Koto Panjang ini berada pada lintas administrasi berbeda. Maka dari itu, semua sektor yang berkaitan dengan DTA ini diajak untuk merumuskan bagaimana strategi dan rencana aksi yang implementatif untuk pengelolaan DTA Waduk PLTA Koto Panjang secara berkelanjutan.

rudi AdministratorKeymaster
Sorry! The Author has not filled his profile.
×
rudi AdministratorKeymaster
Sorry! The Author has not filled his profile.