Penyelenggaraan Program Studi S2 Kimia didasarkan pada SK. Direktur Jenderal  Pendidikan Tinggi No. 1129/D/T/2009 tanggal 14 Juli 2009 dan memperoleh perpanjangan izin penyelenggaraan program, sesuai dengan SK Dirjen Dikti Nomor : 8729/D/T/K-N/2011 tanggal 15 September 2011.  Saat ini Program Studi Magister Kimia telah terakreditas B. Pengelolaan akademik Program Studi (Prodi) S2 Kimia berada di bawah Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Riau. Prodi Magister kimia merupakan wadah bagi kimiawan untuk mewujudkan keinginannya melaksanakan studi lanjut ke jenjang S2 di Universitas Riau. Penyelenggaraan pendidikan Magister Kimia bertujuan untuk meningkatkan taraf penguasaan ilmu kimia  dan kemampuan peserta didik agar lebih berperan aktif dalam pandangan ilmu  dan penerapannya. Lulusan prodi S2 Kimia diharapkan mempunyai kemampuan mengembangkan dan memutakhirkan ilmu kimia dan IPTEK dengan cara menguasai, memamahi kaidah ilmiah disertai keterampilan penerapannya, sehingga mampu bersaing di dunia kerja kini dan akan datang.

Prodi S2 Kimia telah melaksanakan pendidikan selama 7 (tahun) tahun.  Didukung oleh dosen di Jurusan Kimia FMIPA UR yang berkualifikasi pendidikan S3 dan berprediket Guru Besar. Tersedianya fasilitas ruang perkuliahan dan laboratorium untuk kegiatan penelitian, sehingga penyelenggaraan pendidikan di Prodi Magister Kimia dapat terlaksana dengan baik. Ada 20 orang dosen yang terlibat aktif di Prodi Magister kimia FMIPA UR, 8 orang diantaranya berprediket Guru Besar (Prof), sedang 12 orang lainnya bergelar doktor (Dr).

Dalam menjalankan proses pendidikan dan pengajaran, prodi Magister Kimia FMIPA UR menggunakan kurikulum tahun 2009 dan kurikulum baru tahun 2012. Beban studi mahasiswa untuk menyelesaikan studinya di prodi Magister Kimia adalah 42 SKS. Lulusan prodi Magister kimia bergelar magister sains yang disingkat MSi.

Pada saat ini prodi S2 kimia memiliki mahasiswa sebanyak 122 orang dan  telah meluluskan 61 orang alumni. Masa studi lulusan rata-rata 2,5  tahun.

Visi

Menjadi Program Studi Magister Kimia terkemuka dalam pengembangan ilmu kimia berbasis riset sumber daya alam hayati dan non hayati serta menghasilkan lulusan berkualitas dan kompetitif di kawasan Asia Tenggara pada tahun 2035.

Misi

Program Studi Magister Kimia Jurusan Kimia FMIPA UNRI mempunyai misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi magister berkualitas dan profesional di bidang kimia sesuai dengan kebutuhan masyarakat
  2. Mengembangkan IPTEK kimia ramah lingkungan melalui penelitian mutakhir yang dikenal di kawasan Asia Tenggara
  3. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu kimia yang relevan dengan potensi sumber daya alam dan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi
  4. Meningkatkan kerjasama Tridharma Perguruan Tinggi dengan institusi lainnya pada skala nasional dan regional Asia Tenggara.

Tujuan

Program Studi Magister Kimia Jurusan Kimia FMIPA UNRI mempunyai tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan Magister Kimia yang berkualitas, profesional, memiliki etika dan moral serta mampu berkompetisi di kawasan Asia Tenggara
  2. Menghasilkan inovasi IPTEK kimia ramah lingkungan yang diakui di kawasan Asia Tenggara
  3. Menghasilkan lulusan Magister Kimia yang mampu mengembangkan, menyebarluaskan ilmu kimia yang relevan dengan potensi sumber daya alam sesuai perkembangan IPTEK yang dapat mendukung pembangunan nasional
  4. Peningkatan kerja sama melalui kolaborasi riset secara nasional dan internasional untuk peningkatan kualitas publikasi.
rudi AdministratorKeymaster
Sorry! The Author has not filled his profile.
×
rudi AdministratorKeymaster
Sorry! The Author has not filled his profile.